Mir - Legenda Rusia di Luar Angkasa

.

30 tahun lalu, impian Rusia menjadi negara pertama yang menempatkan stasiun ruang angkasa tercapai. Mir.. yang berarti Dunia dan Damai, menjadi tempat tinggal kosmonot dari Timur dan astronot dari Barat selama 15 tahun.

Perlombaan di Luar Angkasa

Sejak tahun 1970-an Rusia berambisi untuk membangun satu stasiun di ruang angkasa yang bisa dihuni secara permanen. Satu ambisi untuk mengalahhkan Amerika Serikat dalam perlombaan menguasai ruang angkasa. Modul pertama tiba di luar angkasa pada 19 Februari 1986.

Berakhirnya Perang Dingin

Perestroika dan Glasnost mengubah politik dunia. Dan Mir menjadi simbol membaiknya hubungan antara Uni Soviet dan Barat. Astronot asal Perancis jean-Loup Chretien menjadi astronot Barat pertama yang singgah di Mir, tahun 1988. Setelah runtuhnya Tembok Berlin, Mir mulai dikunjungi pesawat ulang-alik AS. Juga empat astronot Jerman pernah menghabiskan waktu di Mir.

Tamu di Mir

Lebih dari 100 astronot dan kosmonot dari seluruh dunia pernah mengunjungi stasiun Mir. Astronot Jerman yang pernah menginap di sana salah satunya adalah Reinhold Ewald (atas, ke-dua dari kanan). Saat ia berada di Mir, pada tahun 1997, timbul kebakaran yang untungnya bisa segera dipadamkan.

Tidak Semuanya Berjalan Mulus

Para awak yang pernah tinggal di stasiun MIr harus mengatasi berbagai kerusakan teknis juga kecelakaan. Misalnya.. kebocoran pada sistem pendingin atau saat peralatan komputer ngadat. Pernah juga satu pesawat pengangkut pasokan menabrak panel surya stasiun ini. Mengomentari insiden di Mir, Rheinhold Ewald berujar, "Stasiun luar angkasa bukanlah ruang bisnis dengan kursi nyaman."

Fosil di Luar Angkasa

AS yang setelah jatuhnya Uni Soviet ikut pembiayai proyek Mir, mendesak dibangunnya satu stasiun baru untuk proyek penelitian luar angkasa bersama. Pembangunan Stasiun Luar Angkasa ISS pada tahun 1998 mengawali masa pensiun Mir. Setelah berada di orbit selama 15 tahun dan sekitar 86.000 kali mengelilingi bumi, misi Mir berakhir.

Kembali ke Bumi

Mir merupakan tonggak sejarah petualangan manusia di luar angkasa dan juga kerjasama internasional dalam penelitian angkasa. 23 Maret 2011 Mir memasuki atmosfer Bumi. Sekitar 40 ton sisa bagian Mir yang tidak terbakar jatuh di Samudera Pasifik.

Cerita Kiriman
Cerita KirimanUpdated: 20.54.00

0 komentar:

Posting Komentar

loading...
.
Download Here..