Legenda Unik Gerhana Matahari

.

Gerhana matahari 2016 merupakan fenomena alam sangat istimewa, karena kali ini Indonesia jadi tuan rumahnya. Sejumlah legenda tentang gerhana dikisahkan secara turun-temurun di belahan dunia. Apa saja?

Batara Kala

Salah satu dongeng favorit di Indonesia saat gerhana tiba adalah kisah raksasa Batara Kala yang ketahuan mencuri air abadi di surga dan dipenggal kepalanya oleh Batara Wisnu, akibat aduan Batara Surya dan Batara Candra kepada Batara Guru. Kepalanya yang tetap hidup melayang di angkasa dan bernafsu ingin menelan keduanya.

Membunyikan Tetabuhan

Di Bangka Belitung legendanya pun sama. Hanya saja raksasanya disebut Rau. Tak jauh beda di Halmahera, dikisahkan gerhana terjadi karena setan menelan matahari. Dari mitos itu di beberapa daerah terdapat ritual mirip yakni membuat bunyi-bunyian agar setan atau raksasa menjadi takut.

Dewa Ngamuk

Di Yunani ada mitos pula tentang gerhana, dimana gerhana matahari dianggap sebagai tanda bahwa dewa-dewa tengah murka. Dikisahkan pada zaman dahulu kala masyarakat percaya bahwa gerhana merupakan pertanda datangnya bencana.

Serigala Mengejar Matahari

Dongeng tentang gerhana yang tak kalah ngetop adalah legenda bangsa Viking. Diceritakan serigala Skoll megejar-ngejar Dewa matahari Sol dan berhasil menangkapnya maka terjadilah gerhana. Seperti di Indonesia, penduduk juga membuat kegaduhan. Mereka menabuh panci atau wajan agar serigala jadi takut dan mengembalikan matahari.

Perang Bulan dan Matahari

Di Togo dan Benin kisahnya juga unik. Diceritakan gerhana terjadi akibat matahari dan bulan bertempur. Lalu orang-orang berusaha untuk menghentikan pertempuran itu.

Keseimbangan Alam

Suku Navajo menganggap tatanan kosmis alam semesta sebagai pokok keseimbangan. Fenomena seperti gerhana dianggap sebagai bagian dari hukum alam, dimana masyarakat sebaiknya mengikuti dengan berhenti sejenak dari berkegiatan rutin. Mereka biasanya menyanyi, menahan diri dari kantuk, lapar dan haus.

Perahu Cahaya Matahari

Pada malam hari Dewa Matahari Ra melakukan perjalanan perahu di angkasa dengan membawa cahaya. Tiba-tiba Dewa Ular yang jahat Apep, menghentikan perjalanan itu dan melahap Ra. Gerhana matahari dianggap ketika Apep berada di atas angin, meskipun Ra selalu berhasil melarikan diri.

Upaya Memperlambat Matahari

Orang-orang Maori dari Selandia Baru menceritakan kisah tentang pahlawan Maui yang sering mendengar saudara-saudaranya meratapi kurangnya cahaya di siang hari. Dia dan saudaranya menjinakkan matahari, hingga matahari melemah dan tak bisa balapan lagi di angkasa.

Cerita Kiriman
Cerita KirimanUpdated: 21.24.00

0 komentar:

Posting Komentar

loading...
.
Download Here..